Categories
news news

Webinar P-TALI Bengkulu: Merawat Bumi Dengan Bangkit Mengelola Sampah, Limbah B3, dan Radioaktif Untuk Lingkungan Yang Lebih Sehat

Tema : Merawat Bumi Dengan Bangkit Mengelola Sampah, Limbah B3, dan Radioaktif Untuk Lingkungan Yang Lebih Sehat

Hari/Tanggal : 12 Mei 2022
Pukul : 13:30 WIB

Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/81118637694?pwd=UkRrM3Nja0RPeGpjZnZSTm5GcGNBZz09
Meeting ID: 811 1863 7694
Passcode: BENGKULU

Perkumpulan Forum Tenaga Ahli Lingkungan Provinsi Bengkulu atau P-TALI Bengkulu menunjukkan kepeduliannya kepada lingkungan dengan menggelar kegiatan webinar ” Merawat Bumi Dengan Bangkit Mengelola Sampah, Limbah B3 dan Radioaktif Untuk Lingkungan Yang Lebih Sehat pada hari Kamis (16/5). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Bengkulu, Dinas KLHK Provinsi Bengkulu dan P-TALI Bengkulu.

Bertempat di Gedung Kesekretariatan P-TALI Bengkulu yang berlokasi tepat depan Biddokes Polda Bengkulu, P-TALI Bengkulu menggelar acara webinar ini secara virtual dengan tema ” Merawat Bumi Dengan Bangkit Mengelola Sampah, Limbah B3, dan Radioaktif, untuk Lingkungan Hidup Yang Sehat”. Kegiatan ini diikuti oleh 142 orang yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, dinas terkait dan komunitas lingkungan yang ada di Bengkulu.

Sambutan dari Drs. H. Nurwiyoto, M.Si. selaku Ketua P-TALI Bengkulu

Kegiatan ini di dukung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal ini Dr. H. Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu sekaligus membuka acara pada webinar tersebut. Dalam kesempatan yang sama, beliau mengapresiasi dan berterimakasih kepada P-TALI Bengkulu karena telah menyelenggarakan kegiatan seperti ini kemudian agar rutin dilakukan untuk memberikan perhatian masyarakat Bengkulu terhadap lingkungan sekitar.

Sambutan dari Dr. H. Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu sekaligus membuka acara

Beliau menambahkan saat ini penanganan limbah masih sangat perlu dilakukan terutama Limbah B3 yang saat ini mencemari lingkungan terutama disungai-sungai yang ada di Provinsi Bengkulu. Maka perlunya untuk melakukan pembersihan sungai-sungai dilingkungan kita agar menciptakan kondisi hidup sehat.Selain itu beliau menambahkan perlunya regulasi Perda dalam pengelolaan lingkungan hidup Kota dan Provinsi Bengkulu sebagai payung hukum pengelolaan lingkungan hidup. Strategi pengelolaan lingkungan hidup saat ini juga menjadi perhatian pemerintah maka masyarakat dapat memberikan saran-saran yang membangun untuk kemajuan lingkungan hidup yang sehat. Pemerintah saat ini telah membuat program TPA Regional yang ada di Bengkulu serta operasionalnya sehingga tercipta kawasan bebas sampah. Harapan Gubernur pada kesempatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk dapat mengubah perilaku hidup kita menjadi perilaku hidup sehat, sadar akan pentingnya kesehatan dan kurangi membuang sampah sembarangan.

Moderator : Dr. Merri Sri Hartati, M.Pd.

Materi dalam seminar ini menghadirkan 3 Pemateri yaitu Dr. Ir. Dadong Iskandar, M. Eng (Pakar Limbah Radioaktif), Eko Sumartono, S.P., M.Sc (Praktisi Pengelolaan Sampah), Janike Manurung (Praktisi Pengelolaan LB3) yang menyampaikan materinya dengan sangat luar biasa. Terselenggaranya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh maraknya pencemaran sampah dan limbah yang ada dilingkungan kita baik di lingkungan tempat tinggal, tempat kerja dan lain-lainnya

Dr. Ir. Dadong Iskandar, M. Eng (Pakar Limbah Radioaktif)
Eko Sumartono, S.P., M.Sc (Praktisi Pengelolaan Sampah)
Janike Manurung (Praktisi Pengelolaan LB3)

Kegiatan ini disambut secara positif oleh peserta. Melalui webinar ini peserta diharapkan mampu menerapkan hidup sehat dengan mengelola sampah dan limbah yang ada dilingkungan kita. Sehingga masyarakat dapat menikmati hidup sehat yang terus menerus sampai generasi ke generasi. Masyarakat diharapkan juga sadar akan dampak bahaya dari sambah dan limbah yang dihasilkan untuk melindungi Bumi yang saat ini kita tempati. (NZM)

Dokumentasi :